Cara Melaporkan Nomer Telkomsel Yang Digunakan Untuk Penipuan

Mastrigus.com - Apa tandanya kalau pendidikan di Indonesia ini sudah berhasil? Faktanya kalau kita mengamati kehidupan sehari-hari ternyata masih ada hal-hal kontradiktif yang banyak dilakoni oleh masyarakat Indonesia. Plus apa jaminan bahwa dengan diberlakukannya registrasi kartu perdana Sim Card wajib dengan memyertakan NIK dan NKK, faktanya masih banyak penyalahgunaan kartu seluler yang seharusnya digunakan untuk komunikasi malah dijadikan sebagai media penipuan yang cenderung berhasil.

Dalam kasus penipuan yang dilakukan dari jalur nomor ponsel, ada beberapa hal yang saling berkait, di antaranya: penipu, yang ditipu dan media untuk menipu. 

Adanya penipu yang telaten sekali mengirimkan pesan "mama minta pulsa" yaitu salah satu bukti bahwa etika yang dimiliki penduduk Indonesia belum sepenuhnya baik, atau memang, apapun jamannya, penipu akan selalu ada.

Adanya orang yang masih sanggup terkena penipuan merupakan bukti bahwa masyarakat Indonesia masih belum terbebas dari kebodohan. Kecurigaan mereka tidak dikembangkan menjadi kecurigaan berbasis intelektual. Semisal, kalau ada orang yang hendak memberi uang secara tiba-tiba melalui telepon (penipu), lantas masih ada juga orang yang kemudian menuruti prasyarat undangan dari sipenipu ketimbang mempertanyakan "Kenapa ia mengirimi saya uang secara tiba-tiba". 

Adanya media (penyedia provider) yang semenjak dulu banyak digunakan untuk melaksanakan penipuan, merupakan bukti bahwa, tidak ada upaya serius dalam memberantas atau membatasi aksi-aksi penipu melalui kartu Sim. Yang malah ada ialah, gagasan penipuan lebih cepat diproduksi untuk memikirkan bagaimana cara menipu orang ketimbang gagasan "bagaimana biar tidak sanggup menipu".


Laporkan Saja Nomor Penipuan

Salah satu upaya yang dikembangkan oleh pihak provider (telkomsel) dalam memberantas bahkan membatasi para penipu dalam melaksanakan aksi-aksi penipuan yaitu dengan cara menawarkan akomodasi kepada para pengguna (konsumen) untuk sanggup melaporkan nomor yang digunakan penipu untuk menipu.

Caranya yaitu dengan mengetik pesan sms dengan format:

 PENIPUAN#NOMER YANG DIPAKAI MENIPU#KRONOLOGIS PENIPUAN

Lalu dikirimkan ke nomor 1166. Pihak penyedia layanan akan memproses aduan kita. Cara di atas saya dapatkan eksklusif dari klarifikasi CS Telkomsel sewaktu saya hubungi.

Namun sayangnya, sehabis saya coba, tidak ada akhir dari nomer tersebut sehingga menciptakan pelapor menjadi bertanya-tanya, apakah laporannya sudah diproses atau belum. Seharusnya, pihak penyedia layanan menawarkan akhir klarifikasi biar pelapor mencicipi kenyamanan ketka melaporkan kasus penipuan dengan menggunakan nomer telkomsel.

Subscribe to receive free email updates: