Cara Gampang Mengeluarkan Kapas Cotton Bud Yang Tertinggal Di Dalam Telinga


Mastrigus.com - Terlepas dari kontroversi wacana ancaman membersihkan indera pendengaran dengan cotton bud (sogok curek), hingga dikala ini saya masih menggunakan benda menyerupai pegangan premen pentol dengan kapas di pucuknya tersebut untuk membersihkan telinga.

Sampai dikala ini saya belum bisa move on dari cotton bud untuk membersikan indera pendengaran atau sekedar digunakan sebagai ganti telunjuk untuk menggaruk indera pendengaran ketika gatal, kita tahu bahwa lubang indera pendengaran tidak bisa mengakomodir telunjuk.

Jadi ketika lubang indera pendengaran gatal, entah alasannya ialah kemasukan air atau berkeringat atau memang banyak kotorannya (curek) salah satu cara untuk meredam rasa gatal tersebut ialah dengan menggunakan cotton bud.

Sebenarnya ada cara lain yang biasa saya gunakan ketika dulu masih kecil, yakni dengan menggunakan bulu ayam. Bulum ayam berdasarkan saya ialah solusi untuk membersihkan lubang telinga, tentu sehabis dibersihkan. Selain alasannya ialah bulu ayam bisa menyerap air, namun dia tidak gampang rusah alasannya ialah basah.

Namun kini jarang ada ayam berkeliaran dan menjatuhkan bulunya, apalagi hidup di kota. Hampir tidak pernah menjumpai ayam yang hidup disela-sela kehidupan kita.

Cotton Bud Sebenarnya Bahaya?

Benar, cotton bud memang ancaman digunakan untuk membersihkan telinga, itu kalau dengan tidak hati-hati. Karena pada prinsipnya, lubang indera pendengaran yang kecil tersebut berfungsi untuk melindungi area sensitif pada lubang telinga.

Dan berdasarkan klarifikasi para andal telinga, adanya kotoran dalam indera pendengaran (curek) bekerjsama secara alami melindungi dari hewan-hewan kecil yang masuk ke lubang indera pendengaran tanpa sengaja.

Tekstur kotoran indera pendengaran yang lengket dan mempunyai rasa pahit (kalau tidak percaya silakan jilat sendiri) efektif menjebak binatang kecil menyerupai semut untuk tidak masuk lebih dalam hingga gendang telinga, dan lagi berfungsi untuk membunuh binatang kecil tersebut.

Bahaya yang muncul dikala membersihkan indera pendengaran dengan cotton bud ialah ketika kotoran tersebut dibersihkan. Selain itu bisa lebih berbahaya kalau kapas cotton bud tertinggal di dalam lubang telinga.

Cara Praktis Mengeluarkan Cotton Bud Yang Tertinggal di Dalam Telinga 

Saya sendiri sering mengalami kondisi menyerupai ini, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pernah suatu ketika tanpa sadar dikala membersihkan indera pendengaran dengan bulu sayap ayam, ada benda yang berhasil keluar (terjerat helai bulu ayam), ternyata benda tersebut ialah kapas cotton bud.

Kapas tersebut sudah berwarna coklat kehitam-hitaman, prediksi saya kapas tersebut sudah usang tertinggal di dalam indera pendengaran tanpa saya ketahui.

Saat artikel ini saya tulis, beberapa menit sebelumnya saya sedang membersihkan lubang indera pendengaran dengan cotton bud, dan kapasnya tertinggal di dalam telinga. Saya tidak panik alasannya ialah sudah tahu bagaimana cara mengeluarkannya dengan mudah.

Inilah caranya:

  1. Ambil cotton bud yang lain, tariklah sedikit kapas yang berada di paling ujung, dan upayakan jangan hingga lepas semua.
  2. Pilin serabut kapas tersebut sehingga membentuk untaian (seperti benang)
  3. Masukkan ke dalam telinga, dan putar perlahan (pakailah insting bahwa kapas tersebut menyentuh kapas yang tertinggal)
  4. Lalu tariklah cotton bud tersebut, maka kapas yang tertinggal akan ikut tercabut oleh cotton bud yang sudah dipilin tadi.
  5. Lakukan hingga berhasil.

Bentuk cotton bud yang telah dimodif untuk mengambil benda di dalam indera pendengaran kira-kira menyerupai ini:

Cara Kerja Benda tersebut bekerjsama cukup simple serta masuk akal. Kapas yang tertinggal ialah kapas yang tidak terlalu berpengaruh terikat pada batang cotton bud. Ia terlepas dikala diputar di dalam telinga. Bisa jadi alasannya ialah kualitas produksi cotton bud tidak bagus. Saran saya, pilihlah cotton bud yang elok kalau tidak ingin tertinggal di dalam telinga.

Kapas yang terlepas biasanya terburai, dia tidak lagi menjadi kapas padat, maka banyak serabut kapas yang gampang dikait dengan benda sejenisnya.

Dengan menciptakan modifikasi cotton bud menyerupai gambar di atas, memungkinkan untuk mengait kapas yang tertinggal di dalam telinga. Proses pemelintiran (memutar) kapas ialah upaya untuk mengait atau mengikat benda tersebut sehingga terbawa dikala kapas di tarik.

Gambar di bawah ini ialah hasil dari praktik yang saya lakukan. Benda yang saya lingkari warna kuning ialah kapas yang tertinggal di dalam indera pendengaran saya. Alhamdulillah.

Oleh karenu itu, kalau kebetulan anda mengalami hal serupa dengan yang saya alami, tidak perlu panik. Silakan lakukan upaya menyerupai yang saya contohnya, mudah-mudahan itu berhasil. Dan apabila mengalami kendala, silakan pergi ke dokter indera pendengaran untuk mendapat penanganan khusus yang lebih profesional.

Terima kasih sudah mampir di mastrigus.com, biar artikel Cara Praktis Mengeluarkan Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Telinga bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates: