Cara Berhenti Berlangganan Dari Email Yang Mengganggu (Unsubscribe)

Mastrigus.com - Email dalam perkembangannya sangat diharapkan bagi umat manusia, terutama bagi merek yang ingin tetao terhubung ke dunia maya. Email sanggup dikatakan sebagai prasyarat utama untuk sanggup terhubung dengan media sosial.
Padahal berdasarkan sejarahnya, email digunakan sebagai pengganti surat konvensional berupa kertas dan tulisan, dikarenakan pengiriman surat manual lebih memakan waktu dan biaya, maka email menjadi salah satu solusi yang dibuat. Email dahulu kala tidak lebih dari sekedar untuk mengirim surat, pesan, catatan, dan lain-lain.

Salah satu fungsi penting email di kurun teknologi adalah, ia menjadi acuan utama untuk sanggup terhubung dengan media umum lain, contohnya Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Email dijadikan sebagai syarat utama untuk sanggup menggunakan layanan media umum selain menggunakan nomer seluler. Bahkan bagi pengguna smartphone berbasis android, untuk sanggup tehubung dengan playstore dan sanggup mengunduh aplikasi android, diwajibkan untuk mempunyai akun email.

Maka sudah sanggup dipastikan, bagi pengguna android, perangkat yang digunakan telah terintegrasi dengan email, khususnya email yang disediakan oleh Google, yakni Gmail. Bukan suatu yang sulit, sekarang orang-orang sanggup membuat email gmail dengan mudah. Bahkan sanggup membuatnya melalui HP.

Mengirim Email dan Menerima Email

Yang paling lazim dari email yaitu adanya fitur keluar masuk pesan (surat) tanpa biaya manajemen (kecuali biaya internet). Kita sanggup mengirimkan email kepada orang lain dengan mudah, tinggal buka, ketik, kirim. Pun dengan mendapatkan email, kita sanggup mendapatkan email sekejap sesudah email tersebut dikirimkan oleh pengirim. Karena fasilitas ini, email bagi sebagian orang tidak dianggap penting dan hanya difungsikan sebagai syarat untuk sanggup menggunakan media sosial.

Sebagai contoh, ketika kita ingin daftar akun Facebook, ketika daftar kita diminta untuk memasukkan email yang kita miliki, kemudian facebook mengirimkan link konfirmasi melalui email. Setelah berhasil menciptakan akun, rata-rata banyak orang meninggalkan email tersebut bahkan cenderung tidak mengingat password emailnya.

Padahal, email tersebut sangat berkhasiat untuk mengembalikan akun Facebook jikalau sewaktu-waktu lupa password, email digunakan untuk recovery akun.

Di sisi lain, email hanya menjadi kawasan sampah bagi email pemberitahuan dari media umum yang tertaut dengan akun email, tidak heran jikalau pesan-pesan yang masuk di email, sepenuhnya yaitu pemberitahuan dari akun media umum lainnya.

Bagi saya ini menjengkelkan, terlebih jikalau pesan pemberitahuan tersebut masuk ke dalam email primary (akun utama), alasannya yaitu selain mengganggu, juga saya rasa tidak penting, kecuali pemberitahuan tertentu, contohnya pemberitahuan untuk mengamankan akun alasannya yaitu hendak dibobol orang lain.

Oleh balasannya saya menciptakan goresan pena ini untuk membuatkan pengalaman wacana bagaimana cara berhenti berlangganan email dari pengirim email otomatis.

Cara Berhenti Berlangganan Email

Surat elektronik yang masuk ke alamat email kita tidak semuanya dikirimkan oleh insan (human), namun juga dikirimkan oleh robot. Terutama email yang sifatnya notifikasi pemberitahuan.

Robot-robot ini tidak bekerja tanpa ijin dari pemilik email. Jika ada email masuk hampir disetiap harinya dan isinya hampir sama, itu yaitu pesan yang telah anda setujui untuk dikirimkan kepada anda.

Tentu saja, sebagian orang merasa tidak sadar dengan hal ini, alasannya yaitu tidak terlalu memperhatikan hukum ketika mendaftar akun tertentu.

Jika berdasarkan anda menganggu, silakan berhenti berlanganan dari email tersebut. Caranya cukup mudah, ikuti pentunjuk gambar di bawah ini:


Petunjuk:

  1. Buka email kemudian masuk ke akun milik anda
  2. Pilih salah satu pesan masuk (inbok) yang ingin di unsubscribe
  3. Scroll sampai bawah, cari keterangan menyerupai yang ada di gambar atas. Biasanya ada kata unsubscribe, berhenti berlanggan, pengaturan notifikasi dan lain-lain, yang pada dasarnya upaya untuk berhenti dari pesan update.
  4. Selesai.
Dengan begitu, anda tidak akan lagi mendapatkan pesan yang masuk inbok email secara berkala. Pakai cara ini dengan bijak dan untuk jenis pesan yang memang tidak anda kehendaki. Terima kasih sudah membaca. Salam 

Subscribe to receive free email updates: