Penghasilan Terasa Tidak Cukup? Ada 5 Cara Sanggup Pelengkap Lho

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bermacam-macam tuntutan hidup lain ibarat pendidikan, biaya sosial, hingga tagihan dan cicilan, kau tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Ada kalanya, honor bulanan bahkan tidak cukup dan memaksamu harus memutar otak.

Daripada terus-menerus mengandalkan tunjangan tak produktif, kenapa tidak mencari pekerjaan sampingan saja untuk mencari pendapatan tambahan? Ini beberapa yang sanggup kau jadikan pilihan.

1. Berjualan Online


Kalau kau ingin memperoleh pelengkap penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, berjualan online ialah pilihan yang sangat tepat. Kamu sanggup menjadi dropshipper untuk produk fashion, buku, makanan, dll.

Selain tidak butuh modal untuk menyetok barang, pekerjaan ini juga sangat fleksibel sebab sanggup diselesaikan kapan saja dan di mana saja, terutama dikala sedang bersantai di rumah. Keuntungannya tidak mengecewakan banget, lho, apalagi kalau kau rajin promosi di media sosial.

2. Kuliner

Makanan niscaya akan sangat laris dijual di kantor-kantor. Nah, kau sanggup memanfaatkan peluang ini buat mencari pendapatan tambahan. Coba buka pre-order kuliner apa saja yang sanggup kau buat, kemudian jual kepada teman-teman kantor.

Untuk permulaan, kau sanggup membawa tester. Selanjutnya, tanyakan kepada mereka sekiranya ada yang berminat untuk memesan. Kalau makananmu sudah populer kelezatannya, dijamin pembeli akan selalu ada.

3. Jual Foto di Internet

Punya keahlian memotret dan mempunyai banyak stok foto menarik? Jual saja di situs-situs penyedia foto di internet. Nantinya, kau akan menerima komisi (dalam bentuk dollar) untuk setiap foto yang digunakan atau dibeli orang secara online. Kaprikornus tidak menumpuk tak tersentuh lagi deh hasil karyamu.

4. Jasa Penerjemah

Menguasai bahasa aneh ialah poin plus yang wajib kau manfaatkan. Kamu sanggup menggunakannya untuk membuka jasa penerjemahan. Coba promosikan diri dengan melampirkan portofoliomu.

Jasa penerjemah ini akan selalu diperlukan pasar untuk mengalihbahasakan banyak sekali dokumen, makalah, jurnal, buku-buku, hingga artikel. Selain bayarannya tinggi, kau juga sanggup mengerjakannya di rumah. Enak sekali, bukan?

5. Jasa Les Privat

Masih punya banyak waktu usai pulang kantor? Coba buka jasa belajar khusus untuk murid-murid sekolah di sekitarmu. Kamu sanggup fokus ke satu bidang studi atau di banyak mapel kalau memungkinkan. Tetapkan honor per jam, contohnya Rp50.000.

Jika dalam seminggu kau memberi les hingga 5x, sebulan kau menerima pelengkap Rp1.000.000. Wah, tidak mengecewakan sekali kan untuk pelengkap investasimu.

Selain kelima profesi di atas, pekerjaan lain yang sanggup dicoba untuk mencari pendapatan pelengkap ialah driver ojek online, desainer grafis, make-up artist (MUA), dan sebagainya. Dari semuanya, mana yang paling kau minati?

Subscribe to receive free email updates: