Cara Biar Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Pencarian Google


Kiat Blogger - Bagi seorang Blogger, sanggup menciptakan artikel yang sanggup menduduki peringkat pageone (halaman pertama) di pencarian Google yaitu sebuah impian.

Bagaimanapun juga dikala kita (Blogger) memperoleh kesempatan tersebut, cenderung akan sanggup meningkatkan visitor ke dalam blog yang kita miliki.

Visitor (pengunjung) yaitu satu-satunya tujuan mutlak yang melatarbelakangi para blogger untuk terus menciptakan konten di dalam blognya.

Maka, alasannya yaitu korelasi antara pageone dan visitor ini sangat kuat, setiap blogger berlomba-lomba untuk menerapkan SEO (Search Enggine Optimation).

SEO lebih banyak berbicara ihwal kiat-kiat khusus untuk sanggup merebut posisi postingan di pencarian Google.

BACA:
Jasa Edit SEO Template Blog (artikel ini mengulas ihwal apa saja yang dinilai dalam SEO)

Berbicara ihwal posisi pageone, lebih sempurna jikalau berbicara ihwal ilmu SEO, alasannya yaitu memang semua kiat-kiatnya telah include di dalam pembahasan ilmu tersebut.

Namun kita dihentikan parsial dalam menerapkan kiat ini, alasannya yaitu SEO tidak hanya berbicara ihwal satu atau dua kiat, melainkan berbicara kiat secara keseluruhan.

Pada dasarsnya SEO dibagi menjadi dua bagian, yaitu, SEO Onpage dan SEO Offpage, masing-masing bab mempunyai klarifikasi tersendiri, serta penerapan yang berbeda.

Oh ya, untuk memahami SEO ini, anda sanggup membaca artikel saya ihwal Cara Cek Skor SEO. Di dalam artikel ini anda sanggup memahami SEO secara perlahan.

Untuk sanggup menempati posisi halaman pertama di pencarian Google, ada beberapa kiat yang sanggup anda lakukan, di antaranya adalah:

Buatlah Template Blog yang Sudah SEO

Template blog mempunyai efek cukup signifikan dalam hal SEO, ini sangat benar. Karena di dalam template tersebut, lebih banyak memuat kebutuhan SEO Onpage.

Template blog yang bagus, tidak hanya berbicara duduk kasus tampilan, tapi juga berbicara ihwal struktur data, serta telah mengikuti update yang diberlakukan oleh Google itu sendiri.

Di dalam blog ini, ada aneka macam macam kiat yang mengulas ihwal template. Anda cukup mencarinya di kolom pencarian atau klik tautan ini: Kiat Mengoptimalkan Template Blog.

Sampai sekarang, saya tetap mempercayakan template untuk blog ini kepada Bang Adhy Suryadi, pemilik blog Kompiajaib.com.

Karena untuk template yang ia jual, selalu update mengikuti perkembangan kebijakan Google. Makara saya tidak perlu repot untuk memahaminya sendiri.

Jika tidak sanggup menciptakan template yang support SEO, lebih baik membelinya saja pada ahlinya.

Untuk mengukur apakah template blog sudah cantik atau belum, anda sanggup menggunakan Google Lighthouse. Silakan mencobanya sendiri.

Buatlah Artikel yang Dicari Banyak Orang

Jadi Blogger jangan egois dong, kita mustahil hanya berharap kepada pembaca untuk menyukai artikel yang telah kita tulis, tanpa memikirkan apa yang bergotong-royong diharapkan oleh mereka.

Selama saya menjadi seorang blogger, sekitar 80% pengunjung saya berasal dari penelusuran organik, rata-rata mereka membuka artikel saya yang membahas tutorial tertentu. Atau cenderung membaca artikel yang informatif.

Dari sini sanggup saya simpulkan bahwa, mereka tidak sekedar mau membaca artikel yang tidak bermanfaat bagi mereka. Rata-rata orang ingin membaca apa yang mereka butuhkan. Dan tentu saja kebutuhannya tidak sama dengan kebutuhan kita.

Di dalam blog ini, ada banyak artikel yang menjelaskan ihwal kiat-kiat menciptakan artikel yang bagus. Juga ada artikel yang khusus membahas konten tanpa keyword: Kiat-kiat Menulis di Blog.

Pastikan Robot Google Dapat Mengindeks Blog Kamu

Langkah selanjutnya yaitu memastikan bahwa robot Google sanggup mengindeks blog kau sehingga muncul di dalam pencarian Google.

Caranya yaitu dengan melaksanakan registrasi di Google Search Console terlebih dahulu. Ini untuk memberi tahu robot google untuk melaksanakan indeks secara penuh pada sitemap milik blog kita.

Sitemap yaitu peta situs yang berisi kumpulan url yang ada di dalam blog, selain kita sanggup melaksanakan submit artikel secara manual, dengan cara ini robot Google akan meng-crawl peta situs kita secara otomatis.

Terkait bagaimana cara melaksanakan submit artikel secara manual disetiap kali kita memposting tulisan, sanggup kau baca di artikel ini: Cara Terbaru Submit Artikel ke Google Webmaster.

Meskipun cara ini sangat penting, namun belum sanggup memberi kepastian pada blog anda untuk sanggup nagkring di halaman pertama. Karena intinya kiat ini hanya untuk memberi tahu google untuk mengindeks blog kita.

Jangan Sungkan Mencari Backlink Berkualitas

Backlink yaitu link atau tautan alamat web yang masuk dari blog lain. Keberadaannya sangat penting untuk menunjang blog kita sanggup hingga pada halaman pertama pencarian Google.

Ada beberapa artikel yang sanggup kau pelajari:

Ciri-ciri Backlink yang Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dari Staticaly.com
Backlink Gratis Berkualitas Dari Mas Trigus

Pada umumnya backlink bekerja untuk menambah tingkat korelasi sebuah blog dengan blog lainnya, namun ini tidak sanggup diartikan dengan saling tukar link ibarat yang biasa digunakan blogger jaman dahulu.

Semakin banyak link blog kita yang tertanam di blog orang lain, semakin baik nilainya. Namun hal ini juga harus memperhatikan kekerabatan terhadap artikel yang ditulis dan link yang ditautkan.

Kenapa sanggup begitu?

Menurut isu terkini, robot Google lebih menyukai tautan link yang masih relevan dengan tema artikel yang ditulis. Relevan berarti masih ada kaitan, masih berhubungan.

Yang perlu diperhatikan, meskipun backlink itu bagus, namun jikalau tidak diterapkan secara hati-hati, justru akan menghancurkan blog itu sendiri. Oleh akibatnya kita harus benar-benar bijak.

Keyword Itu Penting, Tapi Bukan Hal Utama

Cobalah untuk menciptakan artikel yang mengulas ihwal nama anda, publish dan silakan submit ke Google Search Console. Supaya lebih unik tambahkan kata yang jarang digunakan orang.

Kemudian silakan cek di google search, saya jamin artikel anda akan ada di urutan paling atas.

Kenapa sanggup begitu?

Pada prinsipnya keyword bekerja dengan merekam kata kunci utama dalam artikel yang kita buat. Ketika kita mencari di pencarian Google, maka robot menampilkan artikel yang paling relevan dengan kata kunci tersebut.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada orang yang akan mencari kata kunci tersebut?

Ya, mestinya akan ada orang yang mencari kata kunci yang telah anda buat tersebut. Orang tersebut yaitu anda sendiri.

Kita tidak hanya bicara ihwal artikel yang sanggup nongkrong di halaman pertama pencarian Google, kalau targetnya hanya demikian, itu yaitu pekerjaan mudah.

Yang menjadi sasaran adalah, artikel kita sanggup muncul di halaman pertama google search dan tentunya banyak dicari oleh pengguna internet.

Namun yang demikian ini sulit dilakukan alasannya yaitu harus bersaing dengan blogger-blogger lainnya. Ketepatan kata kunci dan dengan pinjaman SEO Onpage dan SEO Offpage yaitu kombinasi yang sanggup memenangkan persaingan ini.

Sulit memang, tapi di situlah asyiknya. Ketika saya beberapa kali memenangkan kata kunci yang mengakibatkan artikel saya sanggup berada di posisi paling atas, menciptakan saya lebih semangat untuk ngeblog.

Oh ya, saya sudah menulis Tips Menulis Blog Tanpa Riset Keyword Untuk Pemula, silakan dibaca biar pengetahuan kita bertambah.

Kiat-kiat supaya Postingan Blogger Menempati Halaman Pertama itu ada banyak macamnya, dan ada aneka macam macam triknya, sekali lagi kita jangan menganggap itu berasal dari satu kiat dan pribadi berhasil.

Yang paling utama, selalu perbarui konten blog anda, dan selalu mengamati perkembangan blog anda. Ada aneka macam macam tool yang sanggup anda gunakan.

Semua itu bergotong-royong tergantung pada bagaimana kau memperlakukan blogmu sendiri, apakah serius atas hanya ala kadarnya saja. Ingat, hasil tidak pernah menghianati proses, kecuali apes.

Subscribe to receive free email updates: