Cara Gampang Transkip Bunyi Menjadi Teks Di Komputer (Voice To Text)


Voice to Text - Keberadaan artificial intelijen  atau disingkat AI sangat mempunyai kegunaan bagi pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Seperti halnya dikala ketika kita hendak mentranskrip bunyi atau voice menjadi teks dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya AI yang difokuskan untuk mengenali bunyi serta memberi perintah kepadanya untuk menuliskan bunyi tersebut menjadi teks, pekerjaan trasnkip bunyi menjadi sangat gampang berkat santunan tool tersebut.

Google telah menciptakan sebuah tool yang memanfaatkan AI secara penuh untuk sanggup dengan gampang mentranskrip voice menjadi teks.

Tools ini sanggup kita temukan di dalam browser Chrome, dengan mengakses alamat tertentu kita sanggup memanfaatkan tools ini dengan mudah.

Nama toolsnya yaitu Web Speech API Demonstration, tools ini mempunyai kegunaan untuk mentranskrip bunyi baik bunyi yang telah direkam atau bunyi secara eksklusif melalui komputer yang kita miliki.

Cara Transkip Suara Menjadi Teks

Untuk sanggup menggunakan tools ini, pertama-tama yang harus kita sediakan yaitu menggunakan Browser Google Chrome, jikalau belum punya silakan memasangnya di komputer anda.

Anda bisa mencari aplikasi Google Chrome melalui Google Search dengan mengetikkan kata kunci "Google Chrome" kemudian menuju kepada tautan yang telah di tunjukkan oleh Google.

Selanjutnya, silakan kanal tautan ini Speech, kita akan eksklusif diarahkan kepada situs berpenampilan sederhana menyerupai pada gambar di bawah ini:

Seperti yang telah kita lihat tampilan tools yang bisa transkip voice to text tersebut sangat sederhana. Namun jangan apriori terhadap kemampuan yang bisa ia lakukan.

Dengan melaksanakan setting tepat, kita bisa melaksanakan banyak hal terhadap tools ini.

Mengenal Fitur Web Speech API Demonstration


Saya jelaskan step by step fitur yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas:

  1. Panah yang ditunjukkan pada angka satu berfungsi untuk mengenali bunyi yang muncul. Dengan mengklik tanda mic tersebut, kita telah mengaktifkan tools ini untuk mengenali bunyi kemudian menuliskan teks secara otomatis di panah nomor 2.
  2. Panah yang ditunjukkan nomor 2 berfungsi untuk menyimpan teks yang ditulis dari pengenalan voice tersebut. Teks secara sedikit demi sedikit tertulis di dalam kolom tersebut.
  3. Nomor 3 yang ditunjuukan panah di atas berfungsi untuk menentukan bahasa apa yang digunakan dalam voice atau suara. Jika bahasa yang diucapkan yaitu bahasa Indonesia, maka pilih bahasa Indonesia

Cara Memakai Voice to Text Dengan Benar

Yang pertama kali anda siapkan sehabis berhasil membuka tools ini yaitu menyiapkan bunyi yang hendak kau transkip ke dalam bentuk teks.

Suara ini bisa berasal dari suaramu sendiri, bunyi pidato, bunyi diskusi yang telah direkam. Untuk bunyi sendiri, tidak perlu direkam alasannya yaitu kita bisa eksklusif mengucapkannya.

Selanjutnya, silakan tentukan bahasa yang muncul dari bunyi tersebut. Ada 60 bahasa pilihan dengan macam-macam dialek, termasuk bahasa jawa juga tersedia dalam tools ini.

Setelah menentukan bahasa, selanjutnya yaitu menekan tombol nomor satu, kemudian perdengarkan bunyi kepada tools tersebut. Dengan begitu tools secara otomatis mentranskip bunyi ke teks. Teks akan muncul di kolom panah nomor 3.

Warning: Teks yang ada di kolom tiga akan hilang ketika anda menekan tombol on pada tombol nomor 1.

Jadi dikala anda sudah tamat mentranskip bunyi dan menonaktifkan tombol tersebut, segeralah meng-copy dan mengamankannya di Micorsoft Word atau aplikasi pencatatan lainnya.

Pengaturan Pengenalan Sumber Suara Voice to Text

Tools ini sanggup bekerja maksimal pada dua jenis input sumber bunyi yang ada di windows. Sumber bunyi tersebut bisa berasal dari microphone eksternal dan microphone internal.

Input bunyi dari Microphone eksternal menggunakan alat lain yang tidak terdapat pada komputer, contohnya headphone yang mempunyai input suara.

Sedangkan input bunyi dari Microphone Internal berasal dari dalam komputer itu sendiri. Misalnya bunyi musik dari Youtube yang terdengar di speaker laptop bisa kita pakai untuk sebagai input suara.

Bagi pengguna Windows 10, kita bisa melaksanakan pengaturan guna menyesuaikan dari mana sumber input bunyi berasal.

Silakan ikuti pengaturan di bawah ini:

Untuk menuju pengaturan Sound silakan klik kanan pada icon speaker yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih Open Sound Setting

Pada tombol obrolan pengaturan Sound silakan pilih Sound dan temukan sajian Input. Di sana terdapat dua jenis microphone.

Jika anda hendak mengambil input bunyi dari bunyi anda sendiri secara eksklusif pilihlah Microphone (Realtek High Definition Audio atau tergantung pada jenis hardware yang ada pada komputer).

Jika anda hendak mengambil bunyi dari sumber media yang ada di laptop, contohnya aplikasi pemutar musik, youtube dan lain-lain, silakan pilih Stereo Mix (menyesuaikan dengan nama hardware yang anda pakai).

Gambaran setting tersebut menyerupai terdapat pada gambar di bawah ini:


Beberapa kelemahan Dari Voice To Text

Tidak ada yang tepat kecuali Gusti Alloh SWT, apapun yang dibentuk insan selalu mempunyai kelemahan.

Begitu pula dengan Web Speech API Demonstration, untuk bisa menggunakannya secara maksimal, ada prasyarat khusus yang harus dipenuhi.

Seperti bunyi yang hendak di transkip, haruslah mempunyai bunyi jernih dan jelas, dengan kecepatan yang bisa dimengerti oleh mesin.

Suara yang tidak terlalu jernih, terlalu berisih bahkan tidak terlalu keras tidak sanggup dikenali dengan baik oleh si AI.

Kelemahan lainnya adalah, AI hanya bekerja mentranskip bunyi menjadi teks, itu saja. Ia tidak bisa bekerja menyerupai mengatur tanda baca atau mengatur paragraf.

Karena ini bab dari estetika penulisan, sedangkan mesin tidak mempunyai nilai ekstetika. Makara untuk pekerjaan mengatur tanda baca dan paragraf harus dikerjakan oleh kita sendiri.

Tapi sebenarnya, dengan dibantu oleh AI dalam hal transkip bunyi ke teks mengakibatkan kita lebih ekonomis waktu. Kita tidak perlu lagi mengetik teks.

Selamat mencoba kawan.

Subscribe to receive free email updates: